Selamat Datang, terima kasih telah berkunjung."Disini kita bukan untuk saling bersaing, kita ada disini untuk saling melengkapi"

1 Maret 2012

Install dan Uninstall Font dg Bitstream Navigator

Berbagi Apa Saja   Anda pernah mengalami komputer acak-acakan karena font yang terinstall terlalu banyak. Itu yang saya alami selama ini. Dalam satu komputer saja bisa sampai 500 font lebih.
Jumlah fonts yang bisa kita install ke dalam komputer berjumlah 400 hingga 600 jenis fonts, semua itu tergantung dari software penginstal fonts. Kita biasa menginstall fonts baru dengan mengklik folder windows/fonts dan pilih menu install new fonts pada menu file….


  
Masalah lain yang timbul adalah butuh ga sih kita dengan font itu, kalau pun butuh gimana ya cara milih font yang mudah diantara banyak sekali daftar font yang ada.
Na disinilah "Bitstream Font Navigator 5.0" digunakan, software ini merupakan bundling dari Corel Draw yang memang disiapkan untuk memudahkan kita dalam meng-organize font di dalam komputer kita. Untuk penggunaan software ini sangatlah mudah. Anda tinggal membuka Start > All program > CorelDRAW Graphic Suite > Bitstream Font Navigator.
Waktu pertama kali software ini dibuka, anda akan diminta untuk memilih di folder mana font yang akan anda install berada. Setelah anda klik ok, maka "font navigator" akan segera menambahkannya ke daftar. Pada tampilan pertama, anda akan dihadapkan pada empat buah kolom, Content of Font Catalog, Font Groups, Installed Fonts, dan Font Sample. Kolom pertama akan berisi hasil font yang belum terinstall, kolom kedua berisi grup dari font, kolom ketiga adalah font yang kita install, dan kolom ke empat merupakan sample bentuk font.
Toolbar bagian atas berfungsi untuk mengatur font yang ada dalam kolom-kolom tadi. Anda juga bisa meng install atau uninstall font dengan menu yang ada di atas toolbar.
Jika komputer anda memiliki koneksi internet, maka anda juga bisa mencari font yang anda butuhkan melalui internet. Pada toolbar telah disediakan shortcut menuju ke website MyFonts.com, yang menyediakan ribuan koleksi font berbayar yang dapat mendukung kebutuhan anda.


Fontnav sangat mudah digunakan, setelah diinstal ke dalam komputer, fontnav dapat mengenali berbagai bentuk format ( True Type maupun Post Script Level 1 hingga 3 ) yang terdapat dalam Hard Disk maupun cd/dvd/usb drive. klik saja pada font Catalog dan pilih fonts yang akan diinstal maka nama fonts akan tertera di bawah kolomnya.

Yang terpenting adalah anda dapat memilih jenis fonts yang akan dicari. apakah jenis fonts decorative saja, serif, san serif, monospaced, script, ataupun symbol. Fonts yang dipilih dapat dilihat di kolom font sample dan diubah besarannya.

Untuk mengunduh Bitstream Navigator 5 silahkan klik download

Disebarluaskan oleh : Joko Sun - "Berbagi Apa Saja"

Jokosun Kamu telah membaca artikel tentang Install dan Uninstall Font dg Bitstream Navigator. Kamu boleh copy paste artikel ini. Jika di bawah artikel ditulis sumbernya, cantumkan sumbernya, jika tidak mohon cantumkan kode di bawah ini:

2 komentar:

  1. Terima kasih pak, dah jalan di notebook sya..

    BalasHapus
  2. Pak... Kl bitstream navigator saya gk bisa dibuka itu knp ya ?

    BalasHapus

Pedang yang tajam mengakibatkan luka yang dalam. Namun kata-kata yang tajam bisa melukai hati. Hati yang luka lebih sukar untuk menyembuhkannya.