Selamat Datang, terima kasih telah berkunjung."Disini kita bukan untuk saling bersaing, kita ada disini untuk saling melengkapi"

13 Maret 2012

Efek zoom blur


Teknik ini berasal dari fotografi khususnya fotografi yang menggunakan kamera mekanik. Zoom blur adalah efek  yang memperlihatkan alur-alur blur dari pusat ke arah tepi. Teknik zoom blur dikerjakan dengan cara memutar lensa zoom pada saat yang bersamaan kita tekan tombol shutter release kamera dan harus menggunakan speed yang rendah. Secara teori kelihatannya mudah, tetapi setelah dipraktekkan ternyata sulit.

Bagi anda yang tidak paham tentang fotografi dan teknik-teknik pemotretan tidak usah khawatir. Karena photoshop memberikan solusi untuk anda. Disini saya menggunakan photoshop CS2. Bagi anda yang tidak mempunyai Photoshop CS2 bisa menggunakan versi sebelumnya atau versi yang lebih baru.
1. Buka foto anda
2. Buatlah seleksi pada bagian tertentu pada foto. Dimana bagian ini akan kita pertahankan fokusnya (agar tidak blur)

3. Pilih Select > Feather. Pada feather radius masukkan angka 30 lalu OK
4. Invers seleksi dengan cara tekan ctrl-shift-I. Dengan demikian seleksi berubah, memenuhi daerah di luar seleksi sebelumnya.

5. Terapkan filter > blur > radial blur

 6. Arahkan blur center ke arah kiri dan ke bawah sedikit yaitu daerah yang berada di dalam lingkaran. (lihat gambar yang berada di dalam lingkaran seleksi, dari titik pusat blur center arahnya agak ke kiri dan ke bawah sedikit)
Kemudian klik OK untuk menerapkan zoom blur.

7. Hilangkan seleksi dengan ctrl-D.

Disebarluaskan oleh : Joko Sun - "Berbagi Apa Saja"

Jokosun Kamu telah membaca artikel tentang Efek zoom blur. Kamu boleh copy paste artikel ini. Jika di bawah artikel ditulis sumbernya, cantumkan sumbernya, jika tidak mohon cantumkan kode di bawah ini:

0 komentar:

Posting Komentar

Pedang yang tajam mengakibatkan luka yang dalam. Namun kata-kata yang tajam bisa melukai hati. Hati yang luka lebih sukar untuk menyembuhkannya.