Selamat Datang, terima kasih telah berkunjung."Disini kita bukan untuk saling bersaing, kita ada disini untuk saling melengkapi"

2 Maret 2012

Mendesain stempel dengan "fit text to path"

Stempel itu ibarat logo. Dan logo itu merupakan identitas sebuah perusahaan/instansi. Tetapi ada juga stempel yang bukan logo, misalnya stempel lunas, stempel tanda tangan, dan lain-lain. Tapi tunggu dulu... Saya tidak akan membahas bagaimana cara membuat stempel, tapi akan menerangkan bagaimana cara mendesain stempel dengan FIT TEXT TO PATH.
Membuat logo dengan fit text to path setiap tahapnya hanya membutuhkan dua obyek saja, yaitu satu teks dan satu kurva (kurva tertutup atau terbuka). Jika menggunakan  kurva tertutup, kita bisa meletakkan teks maksimal di empat sisi yang berbeda: atas, bawah, kiri dan kanan
1. Buatlah satu teks dan satu lingkaran lalu pilih kedua obyek tersebut dengan pick tool
2. Klik menu Text > Fit text to path
Otomatis teks akan menempel di sisi atas kurva
3. Atur posisi teks apakah diletakkan di luar atau di dalam kurva, Untuk mengaturnya gunakan tool Distance from path

5. Jika anda ingin menambahkan teks lagi di sisi kanan atau kiri caranya sama dengan langkah 1 s.d. 3 di atas. Hati-hati saat memilih obyek teks dan lingkaran. Saya sarankan pakailah teknik "tekan shift dan klik", yaitu klik teks dulu, tekan terus tombol shift, kemudian klik lingkaran. Jika berhasil maka pada bagian status bar akan menampilkan informasi "2 object selected...."
6. Untuk menambahkan teks di bagian bawah caranya sama dengan langkah 1 s.d. 3 masih ditambah lagi langkah untuk mirror (pencerminan). Perhatikan langkah berikut ini.
a. Buatlah teks baru di luar lingkaran
b. Pilih teks tersebut dan lingkaran dengan pick tool (baca langkah 5)
c. Ulangi langkah 1 dan 2
d. Perhatikan tanda merah di ujung teks. Tarik tanda merah tersebut ke arah bawah sampai di bagian bawah lingkaran.
e. Karena teks masih dalam keadaan terbalik, lakukan pencerminan.
Klik tool mirror vertically lalu klik mirror horizontally.

Disebarluaskan oleh : Joko Sun - "Berbagi Apa Saja"

Jokosun Kamu telah membaca artikel tentang Mendesain stempel dengan "fit text to path". Kamu boleh copy paste artikel ini. Jika di bawah artikel ditulis sumbernya, cantumkan sumbernya, jika tidak mohon cantumkan kode di bawah ini:

0 komentar:

Posting Komentar

Pedang yang tajam mengakibatkan luka yang dalam. Namun kata-kata yang tajam bisa melukai hati. Hati yang luka lebih sukar untuk menyembuhkannya.