Selamat Datang, terima kasih telah berkunjung."Disini kita bukan untuk saling bersaing, kita ada disini untuk saling melengkapi"

30 April 2012

Agar widget tampil di homepage saja

Berbagi apa saja Setelah pada postingan yang lalu blog ini telah sharing ke sobat semua tentang bagaimana cara Menghilangkan Logo Tang & Obeng (Quick Edit) Pada Blogspot, pada kesempatan ini saya akan kembali berbagi trik tutorial blog dengan sobat sekalian mengenai cara Agar Widget Blog Hanya Tampil Di Home Page atau Postingan Saja

Trik ini memang cukup bermanfaat untuk menyiasati agar blog kita lebih ringan ketika melakukan proses loading selain itu juga agar blog kita lebih tampil elegan dan tidak terkesan semerawut sehingga pembaca betah berlama-lama di blog kita.
Pada dasarnya untuk mengatur widget hanya tampil di halaman homepage saja atau hanya tampil di halaman postingan saja, sobat cukup menambahkan sedikit kode seperti dibawah ini pada struktur html template sobat. Berikut adalah kodenya :

1. Jika sobat ingin menampilkan widgetnya hanya tampil di homepage maka kodenya adalah :

      <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
      Dan akhiri dengan kode
      </b:if>

2. Sedangkan jika sobat ingin agar widget hanya tampil di halaman postingan saja, silakan gunakan kode berikut :
       <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
       Dan akhiri juga dengan
       </b:if>

Untuk pengaplikasian nya di kode html template sobat, silakan sobat buka design > edit html pada blog sobat dan jangan lupa untuk mencentang Expand Template Widget. Kemudian silakan sobat cari kode <b:widget id=
Dibawah ini adalah contoh lengkapnya :
<b:widget id='HTML14' locked='false' title='Artikel Terkait' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>

<b:include name='quickedit'/>
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>

Kode yang berwarna merah adalah kode yang harus sobat tambahkan.

Contoh di atas adalah jika sobat ingin menampilkan widget hanya pada homepage blog sobat. Sementara jika sobat ingin menampilkan nya hanya pada postingan, tinggal ganti saja tulisan yang berwarna merah dengan kodenya yang ada di atas. Cukup mudah bukan???

Naaah sobat, postingan saya mengenai cara Agar Widget Blog Hanya Tampil Di Home Page atau Postingan Saja ini saya cukupkan dulu sampai disini. Semoga bermanfaat…

sumber: http://www.merdiyanse7.com/2011/09/agar-widget-blog-hanya-tampil-di-home.html

Disebarluaskan oleh : Joko Sun - "Berbagi Apa Saja"

Jokosun Kamu telah membaca artikel tentang Agar widget tampil di homepage saja. Kamu boleh copy paste artikel ini. Jika di bawah artikel ditulis sumbernya, cantumkan sumbernya, jika tidak mohon cantumkan kode di bawah ini:

0 komentar:

Posting Komentar

Pedang yang tajam mengakibatkan luka yang dalam. Namun kata-kata yang tajam bisa melukai hati. Hati yang luka lebih sukar untuk menyembuhkannya.