Selamat Datang, terima kasih telah berkunjung."Disini kita bukan untuk saling bersaing, kita ada disini untuk saling melengkapi"

2 April 2012

Cara Mendapatkan Backlink dari Blog Commenting

Berbagi Apa Saja  Cara mendapatkan backlink dari blog commenting merupakan salah satu cara membangun link atau lebih dikenal sebagai link building yang paling banyak dilakukan oleh blogger. Namun tidak semua blog commenting bisa berpengaruh menambah backlink bagi blog anda. Jadi blog commenting yang bagaimana yang bisa berpengaruh menambah backlink blog anda ?

Seperti yang pernah saya sampaikan pada artikel komentar blog yang lalu, bahwa blog yang mengijinkan link relasinya dofollow saja lah yang bisa berpengaruh dalam menambah backlink blog anda. Secaradefault, hampir semua platform blog link yang terdapat dalam komentar adalah nofollow. Sehingga sebagai blogger, tugas tambahan anda adalah mencari blog yang mempunyai relasi link dofollow. Dengan mendapatkan blog yang relasinya dofollow, maka ketika anda meninggalkan komentar, link yang anda tinggalkan akan diikuti (crawl) oleh robot mesin pencari baik Google, Yahoo maupun Bing. Untuk mencari blog yang mempunyai relasi dofollow sebenarnya tidaklah sulit, namun memerlukan kesabaran anda. Karena anda harus mencarinya satu per satu, terkecuali apabila anda bisa membuat script pemrograman untuk mencari blog dofollow, itu akan memudahkan pekerjaan anda. Jika anda mencari secara manual, anda perlu menginstal addons tambahan pada browser anda, browser yang menyediakan addons untuk menandai suatu blog dofollow atau tidak baru Google Chrome dan Firefox Mozilla. Carilah addons tersebut dan instal pada browser yang anda gunakan. Biasanya link dengan relasi nofollow akan ditandai warna pink atau striketrough pada nama pemberi komentar.



Gambar diatas adalah contoh blog yang menerapkan relasi nofollow pada link komentarnya


Gambar diatas adalah contoh blog yang menerapkan relasi dofollow pada link komentarnya

Dari apa yang sudah saya sampaikan diatas, anda sudah bisa mengetahui kriteria seperti apa yang diperlukan untuk mendapatkan backlink dari blog commenting. Agar lebih jelas, saya akan menjelaskan bagaimana anda seharusnya melakukan komentar.



Secara umum kotak komentar seperti yang pada gambar diatas, baik yang menggunakan platform wordpress maupun blogspot. Pada umumnya akan terdiri dari 4 bagian, yaitu : Nama, Mail, Website dan kolom komentar. Secara default, apabila anda mengisikan komentar, komentar anda tidak langsung muncul kecuali sudah diapprove oleh pemilik blog. Nah, ini yang perlu anda perhatikan! Tetapi sebelum membahas lebih jauh, saya ingin memberikan gambaran detil ke 4 bagian yang ada dalam kotak komentar diatas.

Nama, ini wajib anda isikan. Biasanya anda mengisikan nama anda pada isian ini, namun apabila anda berniat untuk mencari backlink dan sedang membidik sebuah kata kunci tertentu, maka isikan kata kunci yang anda bidik pada isian tersebut.

Mail, isikan alamat email anda. Email anda secara default tidak akan muncul dalam komentar anda, setelah komentar anda di approve oleh pemilik blog

Website, isikan URL atau website anda. Link yang anda isikan inilah yang memberikan backlink ke URL atau website anda, asalkan blog tersebut mempunyai relasi Dofollow

Komentar, isikan komentar pada kolom tersebut

Ok, khusus untuk isian komentar, sebaiknya anda tidak mengisikan komentar secara sembarangan apalagi mengiklankan suatu produk. Menurut saya sangatlah tidak etis, dan malah membuat pemilik blog enggan untuk mengapprove komentar anda. Komentar yang baik adalah memberikan masukan, kritik atau pertanyaan terhadap topik yang sedang dibahas. Dengan memberikan komentar yang baik, anda pun tidak hanya mendapatkan backlink secara gratis, namun blog anda juga berpeluang untuk dibaca oleh blogger yang kebetulan membaca komentar anda dan tertarik dengan komentar anda. Ingat, jika anda ingin membangun blog bisnis online, maka anda juga harus melakukan personal branding dengan memberikan komentar yang berkualitas.

Disebarluaskan oleh : Joko Sun - "Berbagi Apa Saja"

Jokosun Kamu telah membaca artikel tentang Cara Mendapatkan Backlink dari Blog Commenting. Kamu boleh copy paste artikel ini. Jika di bawah artikel ditulis sumbernya, cantumkan sumbernya, jika tidak mohon cantumkan kode di bawah ini:

2 komentar:

Pedang yang tajam mengakibatkan luka yang dalam. Namun kata-kata yang tajam bisa melukai hati. Hati yang luka lebih sukar untuk menyembuhkannya.