Selamat Datang, terima kasih telah berkunjung."Disini kita bukan untuk saling bersaing, kita ada disini untuk saling melengkapi"

1 Mei 2012

Membuat brush cipratan cat


Berbagi apa saja  Ngomong-omong soal brush, mungkin bagi para pemula atau yang baru belajar photoshop belum tahu apa yang dimaksud dengan brush. Brush adalah sebuah tool yang terdapat di dalam photoshop yang digunakan untuk menorehkan warna atau bentuk-bentuk yang sudah tersedia. Bentuk-bentuk ini tersimpan di dalam Brush preset picker. Brush preset picker terletak di kiri atas jendela photoshop CS2 pada palet option atau tepatnya di bawah menu Image dan Layer. Jika anda klik tombol panah pada brush preset picker munculah sederetan bentuk brush dan ukurannya.
Untuk memperkaya bentuk-bentuk brush di dalam photoshop, Anda juga bisa membuat sendiri brush-brush lain sesuai dengan kreasi anda.
Di postingan sebelumnya, saya pernah membahas cara membuat brush gelembung. Bagi yang pernah membacanya tetapi lupa atau belum pernah sama sekali membacanya bisa klik link Membuat Brush Gelembung.

Pada postingan di bawah ini masih seputar brush. Yaitu brush yang berbentuk cipratan cat. Bagaimana cara membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut.
1. Buatlah file baru (kanvas baru)
    width = 300 pixel
    height = 300 pixel
    resolusi = 600 pixel
    background content = white

2. Ubahlah warna pada foreground color dan background color menjadi hitam putih dengan menekan tombol huruf D.

3. Klik tool brush sesuaikan pengaturannya seperti gambar di bawah ini

4. Jika anda meng-klik tool brush di tengah-tengah kanvas yang berwarna putih, hasilnya terlihat seperti ini.

    Klik tool brush berulang-ulang di titik yang sama sehingga hasilnya seperti ini

5. Terapkan filter > blur > radial blur

6. Sempurnakan hasil di atas. Jika di tengah-tengah warna hitam masih terdapat bercak-bercak warna putih seperti gambar di atas tutuplah warna putih tadi dengan warna hitam. Gunakan tipe brush Hard Round.

7. Ulangi filter radial blur di langkah 5 dengan menekan tombol ctrl-F
8. Terapkan filter > Sketch > Stamp

Yang terpenting pada langkah ini adalah perhatikan bentuk pinggirnya. Pada saat menggeser tombol light/dark balance dan smoothness, mata kita tidak boleh terlepas dari gambar di sebelah kirinya hingga diperoleh bentuk pinggirnya seperti cipratan cat.

9. Seleksi dulu bagian warna hitam dengan magic wand. Kemudian terapkan filter > sketch > bas relief

10. Seleksi bagian warna putihnya kemudian hapus dengan tombol delete.
     Hilangkan seleksi dengan ctrl-D

11. Hapus bagian transparan dengan cara klik menu Image > Trim. Jika muncul jendela trim langsung klik OK.

12. Bentuk brush sudah jadi. Sekarang saatnya pengaturan untuk tampilan brush.

13. Buka gambar baru kemudian tambahkan layer.
Torehkan brush cipratan cat tadi. Untuk menampilkan warna-warni cipratan cat, pilihlah terlebih dulu warna foreground dan warna background melalui palet swatches.

Download "Membuat brush cipratan cat.PDF"

Selamat mencoba! jika ada yang kurang jelas seputar pembuatan brush cipratan cat ini, silahkan ketikkan komentar anda.

Disebarluaskan oleh : Joko Sun - "Berbagi Apa Saja"

Jokosun Kamu telah membaca artikel tentang Membuat brush cipratan cat. Kamu boleh copy paste artikel ini. Jika di bawah artikel ditulis sumbernya, cantumkan sumbernya, jika tidak mohon cantumkan kode di bawah ini:

2 komentar:

Pedang yang tajam mengakibatkan luka yang dalam. Namun kata-kata yang tajam bisa melukai hati. Hati yang luka lebih sukar untuk menyembuhkannya.