Selamat Datang, terima kasih telah berkunjung."Disini kita bukan untuk saling bersaing, kita ada disini untuk saling melengkapi"

28 Juni 2012

Alamat absolut

Berbagi apa saja  Alamat absolut yaitu suatu sel/range yang diabsolutkan agar sel/range tersebut tidak berubah alamatnya setelah proses pengcopy-an data. Untuk meng-absolutkan sel/range harus dengan menekan tombol F4. Contoh sel A1 setelah diabsolutkan akan menjadi $A$1, range B1:L4 setelah diabsolutkan akan menjadi $B$1:$L$4. Pertanyaannya adalah mengapa sel/range harus diabsolutkan? dan Kapan sel/range harus diabsolutkan?
Jawaban pertanyaan pertama: sel/range harus diabsolutkan agar rumus-rumus hasil pengcopy-an tidak berubah, jika rumus tidak berubah maka akan didapatkan penghitungan yang benar.
Jawaban pertanyaan kedua: jika ada satu sel/range dioperasikan dengan banyak sel/range sehingga terjadi penghitungan lebih dari satu kali maka sel tadi harus diabsolutkan.

Perhatikan gambar di bawah ini.

gambar 1
rumus potongan di sel F4 pada tabel  kiri =10% x total =$C$2*E4, sel C2 diabsolutkan
rumus potongan di sel F4 pada tabel kanan =10% x total =I2*H4, sel I2 tidak diabsolutkan
Kesimpulannya adalah penghitungan pada rumus paling atas selalu menghasilkan nilai yang benar karena tidak terjadi perubahan baik pada sel yang diabsolutkan maupun sel yang tidak diabsolutkan.


gambar 2
Setelah rumus di sel F4 dan I4 dicopy hasilnya sebagai berikut:
rumus potongan di F5 =$C$2*E5, sel C2 tidak berubah
rumus potongan di I5 =I3*H5, sel I2 berubah menjadi I3

Kesimpulannya adalah penghitungan pada rumus hasil pengcopy-an sel yang diabsolutkan hasilnya selalu benar karena sel C2 tidak berubah. Sedangkan penghitungan pada rumus hasil pengcopy-an sel yang tidak diabsolutkan hasilnya salah karena sel I2 berubah.

Disebarluaskan oleh : Joko Sun - "Berbagi Apa Saja"

Jokosun Kamu telah membaca artikel tentang Alamat absolut. Kamu boleh copy paste artikel ini. Jika di bawah artikel ditulis sumbernya, cantumkan sumbernya, jika tidak mohon cantumkan kode di bawah ini:

0 komentar:

Posting Komentar

Pedang yang tajam mengakibatkan luka yang dalam. Namun kata-kata yang tajam bisa melukai hati. Hati yang luka lebih sukar untuk menyembuhkannya.