Selamat Datang, terima kasih telah berkunjung."Disini kita bukan untuk saling bersaing, kita ada disini untuk saling melengkapi"

13 Juni 2012

Snapshot alternatif untuk menghilangkan bintik-bintik foto

Berbagi apa saja  Foto ini adalah foto keponakan saya, hasil jepretan saya sendiri beberapa tahun lalu, bahkan saya  sudah lupa berapa umur foto ini. Coba tolong anda hitung berapa umur foto tersebut karena keponakan saya yang ada dalam foto itu sekarang sudah bersuami. Beginilah kalau foto yang sudah lama di-scan, akan menghasilkan foto yang berbintik-bintik.Walaupun banyak bintik-bintik kecilnya tapi saya yakin masih bisa diperbaiki untuk menghilangkannya menggunakan program photoshop.

Pernah saya coba menggunakan reduce noise ternyata hasilnya tidak optimal karena banyak detail pada wajah serta bagian-bagian lainnya  hilang dan terasa lebih sulit menggunakannya karena harus mengatur macam-macam. Terutama pada mata dan alis, jika bagian ini detailnya hilang maka ketajaman foto dan karakter pada wajah menjadi berkurang. Oleh karena itu kemudian saya mencari alternatif lain agar hasilnya lebih optimal yaitu dengan Snapshot. Snapshot adalah salah satu fasilitas yang terdapat pada palet history. Pembahasan kali ini saya akan menerangkan dulu bagaimana cara menghilangkan bintik-bintik kecil pada foto, insya Allah untuk postingan berikutnya saya ingin menerangkan bagaimanna caranya menghaluskan kulit wajah yang sudah keriput dan mencerahkannya.

Ayo kita praktekkan langkah-langkah di bawah ini:
1. Buka foto anda yang akan diperbaiki
    Saya membuka foto seperti ini. Coba anda perhatikan, foto ini banyak sekali bintik-bintik kecilnya.

2. Terapkan filter > noice > median

3. simpan sebagai snapshot
    - Buka palet history
    - Klik tombol create new snapshot sambil menekan Alt
    - Ketikan median pada jendela new snapshot


4. Mengaktifkan allow non linear history


5. Menentukan sumber dan tujuan. Buka dulu palet history.

6. Klik history brush tool kemudian torehkan pada bagian-bagian yang terdapat bintik-bintiknya
Hati-hati pada saat menorehkan brush pada bagian wajah, torehkan seperlunya. Jangan sampai seluruh wajah disapu dengan history brush tool karena akan mengurangi detil pada wajah.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Disebarluaskan oleh : Joko Sun - "Berbagi Apa Saja"

Jokosun Kamu telah membaca artikel tentang Snapshot alternatif untuk menghilangkan bintik-bintik foto. Kamu boleh copy paste artikel ini. Jika di bawah artikel ditulis sumbernya, cantumkan sumbernya, jika tidak mohon cantumkan kode di bawah ini:

0 komentar:

Posting Komentar

Pedang yang tajam mengakibatkan luka yang dalam. Namun kata-kata yang tajam bisa melukai hati. Hati yang luka lebih sukar untuk menyembuhkannya.