Selamat Datang, terima kasih telah berkunjung."Disini kita bukan untuk saling bersaing, kita ada disini untuk saling melengkapi"

18 Juli 2012

Fenomena telur berdiri

Berbagi apa saja Percaya tidak kalau telur-telur yang lonjong itu bisa berdiri tegak di atas permukaan yang rata? Mungkin bagi sebagian dari kalian akan bilang “tidak percaya atau mustahil”, namun bagi kalian yang sudah tahu apa istilah Tradisi Telur Berdiri, maka tidak akan heran mendengar hal ini.
Mengapa telur bisa berdiri dan fenomena alam apa yang berkaitan dengan telur berdiri?


Fenomena telur berdiri adalah sebuah tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa dalam memperingati sembahyang ba-tzang yang jatuh setiap tanggal 5 bulan 5 kalender imlek, yaitu mendirikan telur. Tepat tengah hari tanggal 5 bulan 5 imlek, telur-telur itu dapat dengan mudah didirikan diatas lantai seperti pertunjukan sulap saja.
Lalu kenapa hal ini musti dilakukan hanya pada tanggal 5 bulan 5 kalender imlek saja? Kenapa tidak bisa dilakukan setiap hari?
Itulah mengapa hal ini kita sebut dengan fenomena, konon, menurut para ahli pada tanggal tersebut posisi bulan tepat berada pada garis lurus bumi sehingga gaya gravitasi bulan pada tengah hari akan tepat berada dibawah bumi, hal ini mengakibatkan kuning-kuning telur akan tertarik sedikit lebih rendah dibanding pada hari-hari biasa, yang membuat titik berat telur lebih ke bawah dan membantu sang telur berdiri pada ujung lancipnya. Dan karena penanggalan imlek mengandalkan peredaran bulan, maka momen tersebut akan selalu jatuh tepat tengah hari tanggal 5 bulan 5 imlek.

Dan sekarang langsung saja, bagi kalian sobat yang sudah lama bersabar menunggu, atau yang baru tahu dan ingin membuktikan sendiri, inilah saatnya kita akan melakukan eksperimen bersama-sama lagi. Mulai sekarang juga kalian siapkan beberapa butir telur mentah (boleh ayam, bebek, burung puyuh atau yang lainnya), ingat! usahakan yang belum pernah masuk ke lemari es, yang masih fresh dari peternakan akan lebih baik lagi.

Tahun depan Fenomena ini akan terjadi lagi tanggal 13 Juni 2013, hari Kamis. 

Disebarluaskan oleh : Joko Sun - "Berbagi Apa Saja"

Jokosun Kamu telah membaca artikel tentang Fenomena telur berdiri. Kamu boleh copy paste artikel ini. Jika di bawah artikel ditulis sumbernya, cantumkan sumbernya, jika tidak mohon cantumkan kode di bawah ini: