Selamat Datang, terima kasih telah berkunjung."Disini kita bukan untuk saling bersaing, kita ada disini untuk saling melengkapi"

10 Juli 2012

Fungsi AND( ) dan fungsi OR( )


Fungsi AND( ) dan OR( ) penulisannya sebagai berikut:

AND(kondisi1, kondisi2, …)
OR(kondisi1,kondisi2, …)

Masing-masing fungsi harus diisi minimal dua kondisi.
Fungsi AND( ) dan OR( ) ini digunakan untuk menguji apakah kombinasi dua kondisi atau lebih itu bernilai salah/benar.
Untuk lebih jelasnya mari kita pahami uraian di bawah ini.
Fungsi AND( ) mempunyai arti “dan”. Fungsi ini bernilai benar/true jika semua kondisi yang memenuhi syarat. Sebaliknya akan bernilai salah/false jika salah satu atau seluruh kondisi tidak memenuhi syarat.
Fungsi OR( ) mempunyai arti “atau”. Fungsi ini bernilai benar/true jika semua atau salah satu kondisi memenuhi syarat. Sebaliknya akan bernilai salah/false jika semua kondisi tidak memenuhi syarat.

FUNGSI AND( )
Contoh:







Lihat pada lembar kerja di atas, pada sel A1 berisi teks “TAS” dan sel A2 berisi teks “SEPATU”. Ternyata penulisan fungsi =AND(A1=”TAS”;A2=”SEPATU”) di sel B1 bernilai true/benar.
Karena teks yang dimasukkan pada kondisi1 yaitu A1=”TAS” sesuai dengan yang tertulis di sel A1. Demikian juga teks yang dimasukkan pada kondisi2 yaitu A2=”SEPATU” sesuai dengan yang tertulis di sel A2. Jadi semua kondisi memenuhi syarat. Karena semua kondisi memenuhi syarat maka bernilai fungsi AND( ) bernilai true/benar.







Ternyata penulisan fungsi =AND(A1=”TAS”;A2<>”SEPATU”) di sel B2 bernilai false/salah. Mengapa bisa bernilai salah?
Teks yang dimasukkan pada kondisi1 yaitu A1=”TAS” sesuai dengan yang tertulis di sel A1. Tetapi teks yang dimasukkan pada kondisi2 yaitu A2=”KEMEJA” tidak sesuai dengan yang tertulis di sel A2. Jadi salah satu kondisi tidak memenuhi syarat. Karena salah satu kondisi tidak memenuhi syarat maka fungsi AND( ) bernilai false/salah.


FUNGSI OR( )
Contoh:







Penulisan fungsi =OR(A1=”NGANTUK”;A2=”TIDUR”) di atas bernilai benar, karena teks yang dimasukkan pada kondisi1 maupun kondisi2  memenuhi syarat, yaitu A1=”NGANTUK” dan A2=”TIDUR”.
Karena semua kondisi memenuhi syarat maka fungsi OR( ) bernilai true/benar.

 






Penulisan fungsi =OR(A1=”NGANTUK”;A2=”TIDUR”) di atas bernilai salah, karena teks yang dimasukkan pada kondisi1 maupun kondisi2  tidak memenuhi syarat, yaitu A1=”MINUM” dan A2=”MAKAN”.
Karena semua kondisi tidak memenuhi syarat maka fungsi OR( ) bernilai false/salah.

Disebarluaskan oleh : Joko Sun - "Berbagi Apa Saja"

Jokosun Kamu telah membaca artikel tentang Fungsi AND( ) dan fungsi OR( ). Kamu boleh copy paste artikel ini. Jika di bawah artikel ditulis sumbernya, cantumkan sumbernya, jika tidak mohon cantumkan kode di bawah ini:

0 komentar:

Poskan Komentar

Pedang yang tajam mengakibatkan luka yang dalam. Namun kata-kata yang tajam bisa melukai hati. Hati yang luka lebih sukar untuk menyembuhkannya.