Selamat Datang, terima kasih telah berkunjung."Disini kita bukan untuk saling bersaing, kita ada disini untuk saling melengkapi"

26 Juli 2012

Membuat judul blog menggunakan photoshop


Berbagi apa saja  Ide untuk mengganti "Judul Blog" ini sebenarnya hanya iseng. Berawal dari rasa tidak sreg terhadap tampilan judul blog saya. Mengapa judul blog itu selalu rapat ke kiri. Padahal saya ingin judul blog itu bisa digeser ke tengah atau ke kanan. Paling tidak saya bisa menggeser posisi judul blog itu sesuai dengan keinginan saya. Tetapi apa kenyataannya, setelah saya utak-atik posisi judul blog tersebut memang tidak bisa digeser.

Maka mulailah saya berinisiatif untuk mengganti teks judul blog saya dengan gambar saja. Dengan gambar tersebut saya bisa meletakkan tulisan di dalamnya.
Pertama-tama saya menggunakan Coreldraw untuk mendesain judul blog. Setelah itu, judul blog tadi saya ekspor ke format PSD dengan tujuan agar bisa saya olah di Photoshop.
Akhirnya buah manis yang saya peroleh setelah berbagai cara saya gunakan untuk membuat judul blog saya sendiri. Peribahasa mengatakan, jika ada kemauan disitu pasti ada jalan.
Pengalaman ini ingin saya bagi kepada teman-teman semua, pakde-mbokde, paklik-bulik, mbahkung dan mbahti, pokoknya untuk semua.
1. Cek lebar seluruh blog anda, kemudian catat angkanya.
Klik Dasbor > Rancangan > Perancang template > sesuaikan lebar

2. Persiapkan desain header, yang bisa anda buat dengan Coreldraw atau Photoshop.
Saya membuatnya dengan coreldraw. Ekspor desain tersebut dengan ketentuan sebagai berikut:
format = PSD
color mode = RGB
option = transparent background dan anti aliasing hrs aktif
resolution = 300

3. Buka di Photoshop desain header yang baru saja anda buat.
    - Buatlah dokumen baru dengan ketentuan:
    Ukuran width = 1110 ini didapatkan dari informasi "sesuaikan lebar" pada langkah 1

    - Masukan desain header ke dokumen baru dengan cara menarik masuk
    - Atur posisi desain header: di sisi kiri, tengah atau kanan
    - Tambahkan efek drop shadow 

4. Ekspor desain header dengan background transparan, caranya sebagai berikut:
    - Seleksi bagian transparan dengan magic wand tool
    - Ratakan seleksi ke semua bagian transparan, klik Select > Similar
    - Klik Help > Eksport transparent image
    - Pilih "I have selection the area to be transparent" lalu klik next
    - Pilih "On line" lalu klik next
    - Pilih "PNG" lalu klik next
    - Jika muncul jendela "Save as", ketikkan "desain header" di bagian file name lalu klik save
    - Pada PNG option klik Ok

5. Upload desain header ke dalam side bar header, caranya:
    - Klik Dasbor > Rancangan
    - Klik edit pada side bar header
    - Klik tombol "Pilih berkas"
    - Pilih file desain header yang sudah jadi.

6. Jika upload sudah berhasil, akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
Jangan lupa klik tombol simpan


7. Sembunyikan header blog dengan cara:
    - Klik Dasbor > Rancangan > Perancang Template > Tingkat lanjut > Judul blog
    -  Pada "warna teks" pilih transparent

8. Cek apakah desain header yang di-upload sudah terpasang atau belum di blog anda.
    Klik Dasbor > Lihat blog

Selamat mencobat!

Disebarluaskan oleh : Joko Sun - "Berbagi Apa Saja"

Jokosun Kamu telah membaca artikel tentang Membuat judul blog menggunakan photoshop. Kamu boleh copy paste artikel ini. Jika di bawah artikel ditulis sumbernya, cantumkan sumbernya, jika tidak mohon cantumkan kode di bawah ini:

1 komentar:

Pedang yang tajam mengakibatkan luka yang dalam. Namun kata-kata yang tajam bisa melukai hati. Hati yang luka lebih sukar untuk menyembuhkannya.