Selamat Datang, terima kasih telah berkunjung."Disini kita bukan untuk saling bersaing, kita ada disini untuk saling melengkapi"

5 Juli 2012

SEO dasar untuk Blog

Berbagi apa saja  Penerapan search engine optimization /SEO Dasar untuk blog agak berbeda dengan situs web. Pasalnya, kita harus menyesuaikan dengan karakter blog yang memang memiliki beberapa perbedaan dengan situs web. Karena itulah saya suguhkan tulisan ini buat anda para pemilik blog.

Yang saya sampaikan di sini merupakan SEO dasar yang patut anda terapkan untuk blog anda. Teknik lebih mendalam mengenai SEO untuk blog, saya jelaskan lengkap di Rumusan Rahasia Blogging. Dengan melakukan teknik SEO dasar ini pun cukup membantu perkembangan blog anda.
Baiklah, mari kita mulai saja…
Sebelumnya, saya jelaskan terlebih dulu mengenai beberapa karakter utama blog.
  • Rajin diupdate. Blog apapun harus rajin di-update. Pengunjung dan search engine lebih senang terhadap blog yang rajin di-update.
  • Interaktivitas. Komunikasi lewat blog berlangsung secara interaktif antara anda dan pengunjung blog anda. Adanya kotak komentar, feed reader, RSS, dan banyak fasilitas lain memudahkan lancarnya jalinan interaktivitas ini.
Nah, untuk itu anda perlu pahami terlebih dulu kedua karakter utama tadi. Memahami kedua karakter tadi dan mengupayakan segenap elemen blog anda bisa memenuhinya bisa meningkatkan kemajuan blog anda.

Kemudian dalam SEO, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah penempatan keyword (kata kunci).
Dalam postingan, pastikan keyword ada di judul. Selain di judul, tempatkan pula keyword di beberapa bagian paragraf awal. Contohnya silakan baca kembali bagian awal blog ini. Coba tebak keyword apa yang saya pakai untuk posting ini dan berapa kali muncul?

Namun begitu, meski anda memasukkan sejumlah keyword, pastikan tulisan anda tak menjadi janggal, tapi tetap enak dinikmati. Jangan karena terlalu SEO-minded, maka mengorbankan kenyamanan pengunjung membaca konten blog anda. Kalau sampai pengunjung yang membaca tulisan anda merasa aneh dengan susunan kalimatnya dan menjadi tak nyaman menikmatinya, harapan anda untuk meningkatkan traffic justru bisa berbuah sebaliknya.

Yang penting, utamakan pengunjung terlebih dulu. Setiap menulis content tujukan selalu buat pengunjung anda dan bukan untuk robot search engine. Sebab kalau pengunjung anda suka dengan tulisan anda, mereka akan langsung berkunjung tanpa lewat search engine. Sangat mungkin pula mereka akan menautkan link ke blog anda. Dan itu sangat membantu perkembangan blog anda. Mengenai hal ini pernah juga saya diskusikan bersama Madhysta di blognya Mas Arief.

sumber: http://www.jokosusilo.com/2009/02/07/seo-dasar-untuk-blog-yang-wajib-anda-tahu-bagian-1/

Disebarluaskan oleh : Joko Sun - "Berbagi Apa Saja"

Jokosun Kamu telah membaca artikel tentang SEO dasar untuk Blog. Kamu boleh copy paste artikel ini. Jika di bawah artikel ditulis sumbernya, cantumkan sumbernya, jika tidak mohon cantumkan kode di bawah ini:

1 komentar:

  1. gitu ya ternyata, susah euy belajar seo
    makasih bro

    BalasHapus

Pedang yang tajam mengakibatkan luka yang dalam. Namun kata-kata yang tajam bisa melukai hati. Hati yang luka lebih sukar untuk menyembuhkannya.