Selamat Datang, terima kasih telah berkunjung."Disini kita bukan untuk saling bersaing, kita ada disini untuk saling melengkapi"

11 Agustus 2012

Mobil ESEMKA Lolos Teknis dan Uji Emisi

SOLO-Mobil Esemka Rajawali rakitan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Solo diklaim telah lulus secara teknis uji emisi di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP).
Bahkan penguji di BTMP telah secara lisan menyatakan Esemka Rajawali lolos uji emisi. Pernyataan itu disampaikan Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park (STP), Gampang Sarwono, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (10/8/2012). “Esemka sudah menyelesaikan uji emisi. Tinggal menunggu hasil resmi dari BTMP dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub),” katanya.
Gampang mengungkapkan dari empat kali uji emisi Esemka Rajawali selalu bisa memenuhi standar minimum racun dalam gas buang. Kendati sempat mendapat catatan supaya bobot mobil dikurangi. Tapi setelah dilakukan beberapa perbaikan, bobot Esemka sudah turun dari 2,150 ton menjadi 1,2 ton hingga 1,3 ton. Langkah teknis mengurangi bobot dilakukan dengan mengganti bahan body mobil menggunakan yang lebih tipis 0,8 milimeter.
Selain itu beberapa komponen berbahan dasar metal diganti dengan bahan plastik. Contohnya bumper mobil. Tim teknisi Esemka juuga mengepras bagian belakang mobil untuk mengurangi bobot. Rencananya mobil Esemka Rajawali akan dibawa pulang ke Solo sebelum peringatan HUT kemerdekaan RI yang jatuh pada Jumat (17/8).

“Ada dua mobil yang kami bawa dan uji di BTMP, keduanya selalu lolos. Tapi Rajawali Nopol AD 1 A yang kemungkinan kami bawa pulang dulu,” imbuhnya.

Gampang menjelaskan pernyataan lolos atau tidaknya uji emisi Esemka merupakan kewenangan Kemenhub untuk mengumumkannya. Dasarnya data teknis dan kesimpulan uji emisi yang dilakukan oleh BTMP. Disinggung rencana launching Esemka saat puncak peringatan HUT kemerdekaan RI, Gampang mengaku tidak tahu menahu. “Kalau hal itu silakan tanya Pak Wawali saja. Saya fokus mengawal uji emisi Esemka,” pungkas dia.

Sementara salah seorang warga asli Solo asal Pucangsawit, Jebres, Danang, mengaku bangga bila Esemka Rajawali benar-benar lolos uji emisi dan bisa diproduksi secara massal. Dia berharap dari Solo Esemka bisa berkembang luas diterima pasar nasional dan internasional. Sebab kualitas Esemka yang notabene karya para siswa SMK tidak kalah dengan mobil komersial lain. Apalagi harganya ekonomis.

Sumber: SOLOPOS - 10/08/2012

Disebarluaskan oleh : Joko Sun - "Berbagi Apa Saja"

Jokosun Kamu telah membaca artikel tentang Mobil ESEMKA Lolos Teknis dan Uji Emisi. Kamu boleh copy paste artikel ini. Jika di bawah artikel ditulis sumbernya, cantumkan sumbernya, jika tidak mohon cantumkan kode di bawah ini:

4 komentar:

  1. wahh akhirnya lolos juga ya gan.?

    BalasHapus

  2. informasi sangat membantu sekali,mudah - mudahan artikel ini bermanfaat untuk semuanya.
    trimakasih atas kunjungannya .

    BalasHapus
  3. Sayangnya sekarang ini mobil esemka sudah tidak digalakkan lagi. Kapan ya industri otomotif Indonesia bisa berkembang menyaingi negara-negara maju.

    BalasHapus
  4. saya masih rada bingung konsep dasar uji emisi, untuk uji emisi mobil listrik standarnya bagaimana ya?

    BalasHapus

Pedang yang tajam mengakibatkan luka yang dalam. Namun kata-kata yang tajam bisa melukai hati. Hati yang luka lebih sukar untuk menyembuhkannya.